Mengutip kalimat dari Stephen R. Covey "Kuncinya terletak bukan pada bagaimana anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda."
Semakin dewasa, kita semakin di sibukan dengan berbagai aktifitas. Bertambah nya usia membuat kita sadar akan tanggung jawab dan berperan menentukan arah tujuan hidup kita. Berbagai agenda kita menunggu setiap harinya. Mulai dari kuliah, bekerja, ikut agenda kemasyarakatan, dan lainnya. Bagi mereka yang super sibuk, hingga terlibat 3-5 agenda setiap harinya, harus cerdas dalam membagi waktu dan menentukan prioritas.
Sedikit bercerita tentang pengalaman penulis tentang manajemen diri. Sewaktu kuliah, saya adalah mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi. Keaktifan saya dalam organisasi sempat di larang oleh orang tua karena menginginkan anaknya untuk fokus saja di kuliah. Namun keinginan kuat saya untuk belajar di organisasi, mendorong saya tetap berproses di organisasi tanpa melalaikan kuliah saya. Awalnya sempat kesulitan dalam membagi waktu, karena baru saat kuliah ini saya benar-benar aktif organisasi. Sudah terjun di dalamnya, mengharuskan saya berlatih keterampilan manajemen diri dan waktu.
Beberapa tips untuk manajemen diri, ketika kalian memiliki berbagai aktifitas yaitu dengan pola sebagai berikut.
1. Jika tugas tersebut penting dan mendesak maka segera kerjakan. Dahulukan yang tugas-tugas yang memaksa untuk segera di penuhi. Misalnya : Pada hari minggu, terdapat laporan yang harus segera di kumpulkan di hari senin. Maka kita harus mendahulukan pengerjaan laporan daripada bermain game yang tidak mendesak.
2. Jika terdapat tugas yang mendesak namun tidak menjadi urgensi. Maka tugas tersebut dapat di delegasikan. Contohnya : Ketika kita di kantor sedang ada meeting yang tidak bisa di tinggal, namun di rumah ada kucing yang lupa di beri makan. Kita dapat menelpon orang rumah untuk di delegasikan memberi makan kucing kita.
3. Jika memiliki tugas yang penting tetapi tidak mendesak, maka dapat menjadwalkan waktu untuk mengerjakan tugas tersebut.
4. Jika tugas yang tidak penting dan tidak mendesak, maka dapat di tinggalkan. Sehingga dapat mengerjakan tugas lain yang lebih urgensi.
Waktu yang kita miliki berharga, maka investasikan lah waktu pada kegiatan yang bermanfaat untuk masa depan kita.
Begitulah beberapa tips dalam menentukan prioritas dan urgensi ketika dihadapkan dengan berbagai tugas. Buat kalian yang punya tips lainnya, dapat berbagi di kolom komentar yaa. Semoga dapat membantu.
Comments
Post a Comment